Faktor yang mempengaruhi anak menjadi pemalu

Tuesday, February 9, 2016

Faktor yang mempengaruhi anak menjadi pemalu


Faktor yang mempengaruhi anak menjadi pemalu

Anak kecil yang pemalu bisa tercipta karena adanya metode pembelajaran yang salah. Ank kecil agr tidak menjadi pemalu perlu kita perhatikan beberapa aspek. Nah menurut beberap sumber, anak menjadi pemalu ini karena orang tua yang kurang pengertian terhadap si buah hati, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga anak menjadi pemalu :

1. Tingkat emosi pada anak
Anak kecil memang masih belum stabil dalam tingakat emosionalnya. Hal ini berakibat beberapa hal yang kadang kurang kita perhatikan sebagi orang tua. Perkembangan emosi anak ini seringkali membuat orang tua jadi bingung, tak jarang orang tua mensikapinya dengan penuh ekspresi dan polah tingkah, yang kadang menjurus ke kemarahan orang tua. Anak bisa menjadi pemalu ini, karena orang tua sering merasa was was atau khawatir terhadap perubahan yang akan terjadi pada diri si anak. 

Perasaan malu ini bisa tercipta atau muncul pada saat usia anak menginjak 1 tahun. Karena pada usia ini anak kecil sudah bisa membedakan mana orang yang sudah dikenal atau belum, dan mana orang yang asing terhadap si anak. Perasaan malu ini bisa muncul secara tiba tiba dan bisa muncul karena sikap tempramen anak sejak lahir dan karena pengaruh dari orang tua.


2. Harapan dan ekspektasi tinggi terhadap anak
Harapan yang terlalu tinggi kepada anak, kadang bisa menyebabkana mental anak menjadi berat, maksud berat adalah anak bisa menjadi pemalu. Orang tua berharap anak menjadi apa yang orang tua inginkan, padahal kadang orang tua tidak tahu dan tidak ingin tahu apa yang menjadi keinginan anak. Agar anak tidak menjadi pemalu, sebaiknya orang tua mengarahkan anak kita ke jalan yang benar, pahami apa yang anak inginkan, jangan pernah membentak kepada anak. Anak yang akrab dan sering erkomunikasi ke orang tua akan membuat anak bisa mngerti apa yang orang tua inginkan, pun sebaliknya orang tua akan lebih mengerti apa yang anak inginkan.

3. Persaingan
Persaingan ini kadang bisa membuat anak kita jadi kurang pede. Maka sebagi orang tua, kita harus mengawas perkembangan anak agar anak tidak menjadi minder serta pemalu. Anak kecil yang pemalu ini bisa htercipta dari persaingan antar anak kecil. Usahakan anak kita , kita dampingi benar sikap mana yang harus diambil. Sebagai orang tua selayaknya kita harus tahu bagaiaman kemampuan anak kita, sehingga itu tidak menjadi bebena mental anak. Ingat, anak yang pemalu itu bisa terrcipta dari persaingan yang kurang sehat. Jadi dampingilah putra putri sobat instabunda.

Sedangkan faktor lainnya yang mempengaruhi anak menjadi pemalu adalah persaingan antar saudara atau teman sebaya. Seorang anak yang aktif akan mudah bergaul, periang, dan gampang menarik perhatian. Sedangkan anak yang pasif cenderung menarik diri karena kurang mendapat tanggapan dari anak-anak yang lain. Kondisi ini akan semakin membuat anak menjadi pemalu dan tertekan.

Menghadapi anak-anak seperti ini, orang tua perlu melepaskan ambisi dalam mendidik anak.Terutama saat anak berusia 1 - 5 tahun, keleluasaan dalam berekspresi ini justru akan mengembangkan kejiwaan anak menjadi seseorang yang aktif. Sehingga anak tidak akan menjadi malu

Nah sobat instabunda.blogspot.com, jika cara diatas kita terapkan ke anak kita dengan benar, maka harapan kita sebagi orang tua untuk menjadikan anak menjadi lebih dewasa akan terlaksana. Semoga apa yang tim sajikan ini dapat membuat sobat instabunda mejadi lebih bijak dan dewasa.
Share :
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top